<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7085352943394720033\x26blogName\x3dYoga+Ailala\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_HOSTED\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://www.yoga.web.id/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://www.yoga.web.id/\x26vt\x3d203247384878346064', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Banner

Yahoo marah goyang SERP

Thursday, September 15, 2011

Hari ini kamis 15 september 2011 di kagetkan dengan hasil SERP pada salah satu kontes yang saya ikuti yaitu kerajaanhosting Masa Depan Hosting Indonesia yang dari awal sampai kemaren menempati posisi pertama, dan hari ini langsung merosot jadi ke 3.

Lalu kemudian coba cek Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia pada mesin pencari google dan yahoo, lalu kaget dengan hasil search dari keduanya. Pada awalnya untuk google menempati posisi puncak dan yahoo pun demikian sempat turun tapi langsung naek lagi. Tapi yang mengagetkan adalah sekarang pada yahoo tidak ada di halaman 1, 2, 3 dan seterusnya. Ada apa ini ...

Apakah Yahoo marah goyang SERP seperti yang sering di lakukan oleh Google biasa di sebut google dance ?

Coba memperhatikan penelusuran di google pada total indeks dari kata kunci tertentu, misalnya Bejubel Market Place Terbaik Indonesia lalu yang terlihat adalah penurunan hasil halaman yang di indeks dari sekitar 900ribuan sekarang cuman tinggal 600ribuan. Lalu kemana yang hilang ? bukankah hasil indeks ini seharusnya terus bertambah seiring waktu dan usia dari kata kunci itu sendiri.
Setelah menelusuri kesana kemari dengan berbagai macam alat dan media ternyata backlink yang di tanam yang berasal dari indeks Yahoo telah hilang dan tidak terbaca. Jadi yang masih bertahan adalah yang berasal dari indeks google dan alexa atau dari mesin pencari lain. Sedangkan yang paling banyak saya lakukan adalah berasal dari yahoo, hal ini yang menjadikan penurunan hampir semua peringkat seo yang telah saya lakukan dan tanam pada banyak tempat.
Mungkin hal ini hanya untuk sementara saja, tapi yang di khawatirkan adalah yahoo mengikuti google yang merubah algoritmanya sehingga akan update ulang dari apa yang sudah tertanam sebelumnya. Kalo ini hanya goyangan sementara dari Yahoo ya mudah"an dapat kembali lagi seperti semula. Ini sudah biasa dalam jangka waktu tertentu di lakukan oleh mesin pencari sebagai penelusur halaman web.

Biasanya mesin pencari melakukan hal ini tidak lain adalah untuk membabat para spammer, takut "merasa karena optimasi cukup besar pada Voucher Hotel Murah di RajaKamar.Com" dan mungkin di rasakan para kontestan yang lain. Tapi bagi yang sudah menanamkan pada google indeks crawler dan mesin pencarian yang lain, ini menjadi kebaikan tersendiri karena akan meningkatkan posisinya walaupun hanya memiliki sedikit backlink tapi yahoo senang karena tidak melakukan gerilya spam.

Mudah"an para blogger yang lebih tau dan senior dapat memberikan jawaban lebih baik dari apa yang Yoga tulis ini, atau ada informasi yang lebih update dan terbaru seputar Yahoo sebagai search engine.

Labels:


Bookmark this post to del.icio.us Digg this post! Bookmark this post to Yahoo! My Web Bookmark this post to Furl feedburner yoga.web.id

Newer Posts | yoga.web.id Home | yoga.web.id Older Posts | yoga.web.id