<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7085352943394720033\x26blogName\x3dYoga+Ailala\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_HOSTED\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://www.yoga.web.id/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://www.yoga.web.id/\x26vt\x3d203247384878346064', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Banner

Membuat Sitemap atau Daftar Isi pada Blogspot

Tuesday, July 12, 2011

Sitemap merupakan peta dari sebuah situs atau sebuah halaman yang memberikan gambaran keseluruhan isi dari situs bisa website atau blog. Sitemap berisi keseluruhan judul-judul dari setiap posting blog atau halaman pada website.

Sitemap pada perkembangannya digunakan oleh webmaster untuk mendukung website/blog agar lebih mudah di indeks dan di telusuri oleh mesin pencari seperti google, yahoo dll. Mengikuti hal tersebut sitemap bukan hanya sekedar untuk memudahkan mesin pencari saja tetapi juga untuk para pengunjung yang ingin mengetahui apa saja yang ada di blog/website tersebut.

Sitemap pada perkembangannya di jadikan daftar isi oleh para blogger sebagai sarana untuk peta dari weblognya. Daftar isi ini di harapkan lebih memudahkan pengunjung untuk mengetahui dan mencari apa saja pembahasan dan atau artikel yang bica di cari untuk di baca terlebih bisa di ambil informasi juga manfaatnya.

Kemudahan di berikan bagi pengguna CMS WordPress, karena sudah tersedianya plugin untuk membangun sitemap baik untuk search engine biasanya beralamat nama_domain/sitemap.xml. Di WP juga tersedia sitemap untuk daftar isi bagi pengunjung yang bisa di atur berdasarkan kategori, tag yang bisa di atur sedemikian rupa hanya dengan plugin yang WordPress sediakan.

Lalu bagaimana cara membuat sitemap atau daftar isi pada blogspot ?

Hal ini harus pintar para blogger menyiasati hal ini karena hosting pada blogger tidak bisa di manage atau di maintain seperti self hosting. So langsung saja sediakan halaman "Page" bisa di tambahkan "New Page" dan beri nama/title Sitemap atau Daftar Isi, di sesuaikan sesuka hati. Hal ini berlaku bagi pengguna template blogspot modern, bagi pengguna template classic untuk halaman page ini tidak ada so mesti di buatkan seperti posting baru saja "New Post".

Setelah menyediakan atau menambah Page/Post langkah selanjutnya klik Edit HTML (karena menggunakan script), lalu copy paste script di bawah ini :
<script src="http://otakkacau.net/blogger/sitemap.js">
</script>
<script src="http://www.yoga.web.id/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>
Ganti http://www.yoga.web.id dengan nama domain/blog sobat. Coba save n publish post/page n liat hasilnya. Kalo di yoga's weblog ini yang menggunakan template classic blogspot so bisa di liat pada salah satu post di : Sitemap - Daftar Isi | Yoga Weblog.

Labels:


Bookmark this post to del.icio.us Digg this post! Bookmark this post to Yahoo! My Web Bookmark this post to Furl feedburner yoga.web.id

Newer Posts | yoga.web.id Home | yoga.web.id Older Posts | yoga.web.id