• Amalan Sunnah di Hari Jum'at bagi Pria & Wanita

    Keutamaan Amalan Sunnah di Hari Jum'at

    Hari Jum'at merupakan hari terbaik setiap pekanan untuk umat Islam dengan banyak keistimewaan, bagi siapa saja muslim yang bisa mengisinya dengan kebaikan maka sungguh beruntungnya pada hari tersebut. Ada banyak amalan sunnah di hari Jum'at yang bisa kita kerjakan baik oleh Pria dan Wanita, apa sajakah amalan tersebut ?

    Amalan Sunnah di Hari Jum'at bagi Pria & Wanita
    • Perbanyak membaca Sholawat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam
    • Membaca Surah Al-Kahfi
    • Perbanyak Doa, karena ada waktu yang bila muslim berdoa pasti di kabulkan segala permintaannya
    • Banyak-banyak berdzikir mengingat Allah Ta'ala

    4 Amalan Sunnah di Hari Jumat tersebut diatas merupakan amalan yang paling utama, untuk amalan lainnya seperti sedekah dan berbuat baik juga ibadah sunnah lainnya tetap semampu kita bisa laksanakan dan semoga bisa terus ditingkatkan. Sebagai tambahan ada amalan sunnah lainnya yaitu memotong dan membersihkan kuku tangan dan kaki.

    Amalan yang mungkin terasa agak berat bagi yang belum biasa melakukannya yaitu membaca surah Al-Kahfi, hal ini karena cukup banyak ayat-ayat yang harus dibaca dari awal sampai akhir, akan tetapi bila dibiasakan maka akan ringan dan bahkan akan ada rasa tidak enak hati bila tidak membacanya di Hari Jum'at. Apalagi bagi yang membacanya ada ganjaran yang luar biasa baik di dunia maupun di akhirat nanti.

    Bagi wanita yang sedang datang bulan Haid maka pada waktu tersebut bila Hari Jum'at jangan membaca Al-Quran, namun usahakan untuk perbanyak dzikir, sholawat Nabi dan juga berdoa.

    Bagi Pria di hari Jum'at ada amalan wajib yang harus dikerjakan yaitu Sholat Jum'at, dan dalam melaksanakan sholat Jum'at ada amalan Sunnah yang bisa kita lakukan untuk menambah amalan kebaikan di sisi Allah Ta'ala.

    Amalan Sunnah Terkait Sholat Jum'at
    1. Mandi Jum'at seperti mandi janabah (mandi wajib bagi yang baligh)
    2. Bersuci membersihkan diri dan menggunakan mewangian (Minyak Wangi)
    3. Mengenakan Pakain terbaik yang dimiliki
    4. Menyegerakan untuk berangkat ke Masjid
    5. Sampai di Masjid dapatkan Shof terdepan
    6. Jangan duduk dahulu sebelum menunaikan sholat sunnah tahiyatul Masjid
    7. Perbanyak sholat Sunnah sebelum khatib naik
    8. Jangan duduk memeluk lutut karena ada larangan mengenai hal ini
    9. Melaksanakan sholat Sunnah 2 atau 4 rakaat setelah Sholat Jum'at

    Semoga di Hari Jum'at setiap muslim baik yang laki-laki maupun perempuan selain bisa melaksanakan segala kewajibannya ke pada Allah Ta'ala juga bisa melakukan segala Sunnah yang sesuai dengan anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • 0 comments:

    GET A FREE QUOTE NOW

    Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan... doa itu seperti kayuhan sepeda, semakin di panjatkan maka semakin dekat dengan tujuan.

    ADDRESS

    Bukit Cimanggu City, Cluster Charnwood Blok KD Bogor

    EMAIL

    mail@yoga.web.id
    yogaldsa@gmail.com

    TELEPHONE

    081298874448

    MOBILE

    087776707121