<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d7085352943394720033\x26blogName\x3dYoga+Ailala\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_HOSTED\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://www.yoga.web.id/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://www.yoga.web.id/\x26vt\x3d203247384878346064', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Banner

Google Panda 3.3 Update Algoritma SEO 2012

Wednesday, March 14, 2012

Melihat Google sebagai mesin pencari yang paling sering dan banyak digunakan orang pada umumnya jadi semakin tertarik untuk menulis seputar mesin pencari terbesar tetapi fokus awal pada Google Panda 3.3 Update dikarenakan ini sedang ramai dibicarakan baik blogger di dalam negeri Indonesia maupun Internasional termasuk didalamnya Internet Marketing dan juga mereka yang terjun dalam dunia SEO ataupun SEM.

Sebelum melangkah lebih lanjut, teringat sepertinya pernah menulis tentang Google Panda tapi setelah melihat di Sitemap Yoga web id tapi ga ketemu, entah di dalam tulisan sebagai selipan kata atau pada blog lain yang saya kelola. Tapi lanjut disini saja padahal diawal ingin memberikan tautan yang baik antara artikel yang berhubungan sehingga informasi tidak terputus begitu juga dengan pembahasan ini mampu memberikan informasi lebih akurat.

Pengertian Google Panda

Google Panda adalah perubahan algoritma hasil pencarian pada Google yang bertujuan utama agar peringkat hasil penelusuran tepat sasaran sesuai dengan topik yang dicari dengan kualitas konten yang tepat. Jadi dengan kehadiran Google Panda diharapkan bisa menurunkan peringkat situs yang memiliki konten artikel tidak berkualitas atau tidak sesuai dengan apa yang dicari pada mesin pencari Google.

Dengan kata lain Google Panda merupakan perubahan hasil penelusuran Google yang didasarkan pada algoritma peringkat tertentu dengan tujuan utama agar apa yang dihasilkan pada halaman mesin pencarian Google dihasilkan situs dan artikel dengan kualitas yang sangat baik dan berguna bagi para pencari yang menggunakan Google sebagai media penelusuran di Internet.

Sejarah Google Panda

Asal mula kata Google Panda kemungkinan besar hal ini didasarkan atas nama seorang Software Engineer Google Inc yang bernama Navneet Panda, dengan mengambil nama belakangnya lalu munculah nama Google Panda untuk menyingkat Algoritma Mesin Pencarian Google yang baru.

Telah banyak hal yang dilakukan Google Panda dalam pengujian kualitas dari ribuan bahkan jutaan situs website dan blog dalam mengukur kualitas dari situs tersebut, termasuk didalamnya yaitu desain, kecepatan, dan pola kunjungan para pengunjung dari situs tersebut, dan masih banyak lagi yang akan terus diperbaiki pada Google Panda berikutnya yang update algoritma secara berkala.

Google Panda pertama kali dirilis pada bulan Februari 2011 setelah itu update pertamanya yang dikenal dengan Google Panda Update terjadi pada bulan April 2011. Berlanjut Google Panda terus Update untuk memperbaiki dan mengembangkan hasil penelusuran yang lebih baik sampai sekarang.

Berikut Google Panda History Update dari pertama keluar sampai sekarang :
Google Panda 3.3 pada tanggal 27 Februari 2012
Google Panda 3.2 pada tanggal 15 Januari 2012
Google Panda 3.1 pada tanggal 18 November 2011
Google Panda 2.5.3 pada tanggal 19-20 Oktober 2011
Google Panda 2.5.2 pada tanggal 13 Oktober 2011
Google Panda 2.5.1 pada tanggal 09 Oktober 2011
Google Panda 2.5 pada tanggal 28 September 2011
Google Panda 2.4 pada bulan Agustus 2011
Google Panda 2.3 sekitar tanggal 22 Juli 2011
Google Panda 2.2 pada tanggal 18 Juni 2011
Google Panda 2.1 pada tanggal 09 Mei 2011
Google Panda 2.0 pada tanggal 11 April 2011
Google Panda 1.0 pada tanggal 24 Februari 2011
Menghadapi Google Panda 3.3 Update Algoritma SEO 2012

Lalu pertanyaannya adalah perubahan apa dengan hadirnya Google Panda 3.3 Update Algoritma SEO 2012 terbarunya ini ? Pada Google Panda Update terbaru ini sepertinya refresh data agar lebih akurat lagi dan juga lebih sensitif terhadap perubahan terbaru dari situs atau web.

Para blogger yang sering memantau mesin pencari google tentu masih ingat beberapa waktu yang lalu sempat hasil penelusuran google di halaman pertama dipenuhi dengan fresh konten dan untuk konten lama hanya 10-30% saja dari yang saya pantau. Tetapi beberapa lama kemudian dan juga pada saat sekarang penulisan ini hal itu sepertinya sudah berubah, walaupun terkadang fresh konten masih suka muncul di halaman pertama tetapi itu hanyalah 10-20% saja dan sisanya adalah mereka yang telah lama atau yang memiliki kualitas konten dan juga tautan link yang baik ditambah beberapa faktor lainnya seperti SEO Onpage dan SEO Offpage.

3 bulan mencoba memahami mesin pencari google dengan berbagai update yang dilakukan pada hasil serp. Sepertinya untuk urusan spammer indonesia masih bisa tembus alias belum sepenuhnya di buang begitu saja, tapi saya akui lebih tidak bisa ditipu dibandingkan beberapa bulan yang lalu dengan membangun SEO Offpage ala spammer bisa meningkat cukup hebat namun sekarang mesti waspada.

Internal situs itu hal perlu perhatian yang besar di periode Google Panda 3.3 jika uji coba yang telah saya lakukan ini benar. Hampir 3 bulan saya explorer beberapa situs baik yang gratis maupun berbayar dijadikan untuk bahan percobaan dan juga mainan untuk umpan ke Google Panda. Umur domain ada pengaruh yang cukup lumayan, tetapi bila umur masih muda 3-6 bulan lalu memiliki artikel banyak dan berkualitas ditambah tautan link yang benar dan baik akan tegar dalam menghadapai Algoritma Google, tetapi sebaliknya maka ya siap-siap mendapatkan penalti yang cepat dari google bila optimasi ala spammer dijalankan.

Dahulu dalam uji coba langsung pada artikel yang dijadikan sebagai mengikuti ajang kompetisi seo bisa dilihat dalam daftar kontes seo apa saja yang telah diikuti. Disana pada awalnya mendapatkan tempat yang baik untuk semua kompetisi yang diikuti tetapi karena bosan terkadang saya buat mainan untuk artikel-artikel tersebut. Berbagai Pinalti Google dirasakan baik Google dance maupun Google Sanbox, dan juga Google Banned tetapi baru batasan artikel saja bukan domain depan alias domain utama. Seiring waktu domain Yoga web id semakin tahan gempur jadi bila di optimasi dengan cara apapun tidak akan kena pinalty lagi, kemungkinan hal ini karena domain telah mendapatkan supply pasokan backlink dari berbagai media terpercaya oleh google seiring waktu yang telah dibangun selama setahun ini.

Maka uji coba dilanjutkan dengan beberapa blog baru dan juga domain berbayar yang telah saya beli sedikitnya ada 5 domain, bahkan ada 1 domain lama juga yang selama ini hanya cara halus alias bersih dalam melakukan optimasi kata kunci tetapi mencoba melakukan optimasi langsung dasiat pada domain lama tersebut langsung suspend dan sekarang mesti rela kehilangan domain lama tersebut demi kepuasan pengetahuan mengenai google.

Banyak sekali teori yang didapatkan dari uji coba telah dilakukan selama berbulan bulan walaupun sempat cuti kerja dan online dalam mengiringi pergantian cara kerja berbagai mesin pencari baik itu google, yahoo dan bing maupun mesin pencari lainnya. Entahlah mungkin bisa jadi buku 100 halaman bila dijelaskan secara detail, untuk saat ini saya hanya bisa share ke beberapa teman "kawan blogger yang saya paksa untuk ngeblog" seputar SEO. Inginnya mereka inilah yang bisa menjadi dominan pada SERP kontes SEO sehingga tidak bosan dengan blogger lama yang mengisi jadi juara kontes seo.

Mungkin para Master SEO yang sering memenangkan kontes seo sudah terbiasa dengan optimasi dan bagaimana caranya, bahkan terkadang dirasakan amat mudah tetapi mungkin yang menjadi kendala adalah waktu dan semangat dalam optimasi alias males optimasi, terkadang memandang enteng lawan atau bisa juga memberikan kesempatan kepada blogger lain untuk menjadi pemenang.

Sekarang sedang asyik memeriahkan dan mencoba mengikuti ajang kompetisi yang diadakan oleh beberapa penyelenggara untuk blogger indonesia jadi ya tidak ada salahnya bila membuat artikel seperti :
  • Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda diawal cukup tertari jadi setelah membuat artikel yang lumayan menarik, mau diping tapi pengen natural jadi dibiarkan saja setelah diindex diberi sentuhan sedikit dan keesok harinya sudah nongol di page 1, setelah itu tidak pernah dioptimasi lagi sehingga secara drastis turun secara terus menerus.
  • Terus untuk Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia ingin memberikan semangat kepada kawan tapi sobat tersebut penasaran dan menantang saya untuk ditempatkan di page 1, ya kalau tidak salah 2 minggu lalu mencoba di babat biar UP dan benar hasilnya langsung ada di halaman pertama pada hasil penelusuran google baik co.id ataupun .com dan teman sudah mengakui keberadaan munculnya, tetapi karena hanya sekali saja di sundul jadi terus menurun dan dibiarkan saja mungkin nanti kalau benar pengen di seriusin baru di hajar lagi. Ya sudah sekedar memberikan semangat kepada kawan kalau google juga masih bisa diakalin dan tidak sesusah atau sesulit yang dibayangkan hanya lawan saja yang terkadang sulit untuk ditentang tapi siapa punya niat dan semangat membara dialah yang memiliki kesempatan lebih baik.
Jadi panjang juga ini artikel padahal niatnya hanya sekedar update blog tetapi dengan judul yang menarik dengan membahas SEO untuk bahan kontribusi walaupun coretan yang ga bermutu tetapi ada harapan dibaca oleh sobat blogger dan bisa bermanfaat.

Oh iya bagi para rekan blogger yang sedang mengikuti ajang kompetisi untuk bocoran Optimasi Mesin Pencari (SEO) terbaik dalam hal optimasi, membuat artikel berkualitas dan fresh konten masih menjadi yang terbaik dan andalan utama lalu diikuti dengan pembentukan linkwheel disertai share ke berbagai social bookmark terpercaya ditambah ke social networking yang memiliki tempat baik di mata mesin pencari. Untuk tambahan bisa melihat cara Yoga Weblog melakukan langkah optimasi bisa membaca langsung pada Cara Terbaik Optimasi Blog.

Labels: ,


Bookmark this post to del.icio.us Digg this post! Bookmark this post to Yahoo! My Web Bookmark this post to Furl feedburner yoga.web.id
  1. Blogger Abu Rizqia | March 15, 2012 at 9:09 AM |  

    wah bener-bener panjang artikelnya and menambah wawasan. BTW, udah terima hadiah dari ban gt radial belum gan ?

  2. Blogger Yoga Weblog | March 15, 2012 at 3:40 PM |  

    GT Radial ya, blm ad kbar lg kpn hadiah di ksih sob.

  3. Blogger Abu Rizqia | March 15, 2012 at 3:46 PM |  

    senasib berarti kita sob.

  4. Anonymous Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik | March 16, 2012 at 3:13 PM |  

    Buset panjang amat om, aduh mesti benahin semua nih kayaknya, btw emang belum dapat bingkisan GiTi ? aneh juga yah, mungkin mereka lagi nabung buat ngumpulin dana nya. ckckckc

  5. Anonymous nazeem | March 28, 2012 at 1:30 PM |  

    denger2 kemarin di forum google... kontes SEO di Indonesia yang lagi marak juga "mendapat perhatian"... ini gimana...

  6. Anonymous Mobiles10 | April 4, 2012 at 9:03 PM |  

    good job kawan.
    artikelnya bagus.
    sangat bermanfaat.
    memberi inspirasi bagi saya, untuk semangat nulis yg tdk tanggung2.
    like this.

  7. Anonymous Toko Online | April 7, 2012 at 12:14 AM |  

    ada sumber untuk update terbaru google pandanya ga mas?

    oh ya salam kenal.

    di tunggu untuk membaca artikel segar dari onigi. hehe

  8. Anonymous AspirasiKu | April 19, 2012 at 5:16 PM |  

    Kualitas dan orisinalitas konten juga sangat membantu dalam hal ini,google dapat melacak mana blog dengan konten yang orisinil dan mana blog dengan konten yang copy paste atau jiplakan. semangat blogging, :D

  9. Anonymous Bisnis Internet | April 26, 2012 at 11:11 AM |  

    Thanks infonya sobat... sangat bermanfaat! sy jg uda memantau banyak situs bisnis online yang dari dulu nangkring di no:1 hasil penelusuran google sekarang pd menghilang entah kemana...??!! jadi makin tambah ngeri aja ama kedahsyatan google panda,khususnya para internet marketer yang hanya mengandalkan traffict gratis dari om google seperti saya ini :)

  10. Anonymous YadDik | May 3, 2012 at 11:35 PM |  

    bener sekali. blog baru saja, langsung menghilang. jika gak keberatan, kunjungi blog saya untuk mengetahui curhatan tentang google.

Leave your response

Newer Posts | yoga.web.id Home | yoga.web.id Older Posts | yoga.web.id