• Berkumur saat wudhu di bulan puasa

    Pada bulan ramadhan seluruh umat muslim di wajibkan untuk berpuasa, berbagai kegiatan yang dilakukan akan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda. Semua manusia yang beragama islam berusaha semaksimal mungkin untuk beribadah dan melakukan kebaikan selain menunaikan kewajiban puasa.

    Seringkali beberapa hal yang menjadi pertanyaan baik diri saya sendiri maupun beberapa pertanyaan dari teman ataupun para blogger dan netter, yaitu Apakah berkumur-kumur saat berwudhu untuk menjalankan sholat di siang hari pada bulan ramadhan dapat membatalkan puasa ?

    Dari pertanyaan tersebut diatas, beberapa kali telah di bahas oleh beberapa ustad dan ahli agama islam baik di acara televisi maupun media lainnya, salah satunya yaitu M. Quraish Shihab yang mengatakan :
    Berkumur pada saat berwudhu adalah anjuran Nabi Muhammad SAW, melakukannya saat berpuasa dapat dibenarkan, tetapi harus hati-hati agar air tidak masuk kedalam rongga. Bahkan, kalau air masuk tanpa sengaja atau terpaksa, puasa tetap sah.
    So semoga penjelasan singkat di atas menjadi penenang dan mengobati keraguan atas pertanyaan tentang berkumur" saat mengambil air wudhu. 
  • 1 comments:

    Mugni Muizaddin said...

    Kalo sikat gigi dibulan puasa gmn om?
    btw, salam kenal :D ane penjual PARCEL LEBARAN

    GET A FREE QUOTE NOW

    Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan... doa itu seperti kayuhan sepeda, semakin di panjatkan maka semakin dekat dengan tujuan.

    ADDRESS

    Bukit Cimanggu City, Cluster Charnwood Blok KD Bogor

    EMAIL

    mail@yoga.web.id
    yogaldsa@gmail.com

    TELEPHONE

    081298874448

    MOBILE

    087776707121